News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Resmi Dilantik, UNS Miliki Wakil Rektor Baru

Resmi Dilantik, UNS Miliki Wakil Rektor Baru

Resmi Dilantik, UNS Miliki Wakil Rektor Baru


SOLO - — Rektor Unversitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Hartono, dr. M.Si. melantik 4 Wakil Rektor UNS masa jabatan 2024-2029. Upacara Pelantikan dan Sumpah Jabatan Wakil Rektor UNS digelar di Ruang Sidang 4 Gedung dr. Prakosa UNS, Kamis (15/8/2024).

Ke-4 Wakil Rektor tersebut yaitu Prof. Dr. Fitria Rahmawati, S.Si, M.Si. dilantik sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Penelitian. Kemudian Prof. Dr. E. Muhtar, S.Pd., M.Si., CfrA dilantik sebagai Wakil Rektor Bidang Sumber Daya. Lalu Prof. Ir. Dody Ariawan, S.T., M.T. Ph.D. dilantik sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Dan Prof. Irwan Trinugroho, S.E., M.Sc., Ph.D. dilantik sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Internasionalisasi, dan Informasi.

Bismillahirrohmanirrohim, dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa atas taufik dan hidayahNya, maka pada hari Kamis tanggal 15 Agustus 2024, saya Rektor UNS secara resmi melantik saudara dalam jabatan sebagai Wakil Rektor UNS. Saya percaya bahwa saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa Bersama kita, Amin,” kata Prof. Hartono saat melantik keempat Wakil Rektor UNS.


Dalam sambutannya, Prof. Hartono menyampaikan bahwa terdapat beberapa pertimbangan dan catatan dalam proses pelantikan Wakil Rektor ini. Yang pertama yaitu mengacu pada Peraturan Presiden (PP) 56 Tahun 2020 khususnya pasal 37 dan 45 ayat 3 yang secara garis besar bahwa Wakil Rektor diangkat dan diberhentikan oleh Rektor. Kemudian pertimbangan selanjutnya yaitu berdasarkan kompetensi bahwa beliau berempat adalah yang terbaik untuk diangkat menjadi Wakil Rektor.

“Seperti program yang kami canangkan yaitu kebersamaan, kerja sama dan kami sudah melakukan evalusasi bahwa beliau berempat yang kami tunjuk

bisa saling bekerja sama dan para Wakil Rektor ini mampu bekerja sama dengan Rektor. Kami mengucapkan terima kasih kepada Wakil Rektor yang mau dilantik untuk membantu saya dalam bekerja,” ujar Prof. Hartono.

Prof. Hartono menegaskan, banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan, kemudian program yang harus dilaksanakan juga masih banyak, tantangan kedepan semakin berat sehingga tidak mungkin Rektor bekerja sendirian. “Mulai hari ini kami secara bertahap akan mengangkat dan melantik unsur dibawah rektor dengan harapan untuk membantu Rektor dalam melaksanakan program-programnya,” imbuhnya.


Kemudian ada sedikit pergeseran terkait Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Wakil Rektor. Misalnya Wakil Rektor Bidang Akademik bukan lagi dengan Kemahasiswaan namun Akademik dengan penelitian karena Kemahasiswaan cukup berat.

“Jadi ini bisa mengurangi beban Wakil Rektor 1 dan Wakil Rektor 3 bisa fokus ngurusi kemahasiswaan. Dengan begitu, keempat- empatnya mendapat Tupoksi yang proporsional,” ujar Prof. Hartono.

Dan pada periode ini, UNS pertama kalinya memiliki Wakil Rektor perempuan yaitu Prof. Dr. Fitria Rahmawati, S.Si, M.Si. sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Penelitian. “Alhamdulilah hari ini UNS memiliki Wakil Rektor perempuan,” tambahnya.

Prof. Hartono mengucapkan terima kasih kepada Wakil Rektor periode sebelumnya yaitu Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. dan Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T. yang sudah mengabdikan diri selama 5 tahun terakhir untuk UNS dengan penuh dedikasi. “Insyaallah barokah dan husnul khotimah. Sekali lagi terima kasih atas support dan dukungannya. Dan mohon doanya supaya kami bisa bekerja dan membawa UNS menjadi lebih baik,” pungkas Prof. Hartono.

Sebagai informasi, Prof. Dr. Fitria Rahmawati, S.Si, M.Si. merupakan Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS. Kemudian Prof. Dr. E. Muhtar, S.Pd., M.Si., CfrA adalah Guru Besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang sebelumnya menjabat sebagai Plt. Wakil Rektor Bidang Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM) UNS.  Lalu Prof. Ir. Dody Ariawan, S.T., M.T. Ph.D. merupakan Guru Besar Fakultas Teknik (FT) yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FT UNS. Dan Prof. Irwan Trinugroho, S.E., M.Sc., Ph.D. merupakan Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang sebelumnya menjabat sebagai Plt. Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS.


Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.