News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PPTA X Wujudkan Mimpi

PPTA X Wujudkan Mimpi

PPTA X Wujudkan Mimpi


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (www.Alexainfoterkini.com. Ft : Istimewa)

KARANGANYAR - PPTA X (Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan) bertajuk "Wujudkan Mimpi, Satukan Kekuatan, Bangkitkan Peradaban." Kegiatan Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan diikuti ±278 peserta didik baru tahun ajaran 2024/2025. Kegiatan perkemahaan ini dilaksanakan di Watu Gambir Park, Karangpandan, Karanganyar yang berlangsung selama 3 hari 2 malam sejak Kamis–Sabtu, 25–27 Juli 2024.


Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan merupakan kegiatan bagi calon penegak untuk dapat secara resmi bergabung menjadi anggota Ambalan Pramuka Penegak dan untuk memenuhi fase peralihan dari Pramuka Penggalang menuju Pramuka Penegak serta untuk lebih mengenalkan kegiatan Pramuka di SMA IT Nur Hidayah ini. Selain itu, kegiatan ini sebagai wadah menumbuhkan jiwa kepemimpinan kepada anggota pramuka, menanamkan kedisiplinan dan kemandirian yang lebih baik bagi kelas X serta melatih kekompakan antar anggota pramuka. 

Membuka kegiatan PPTA X, Kak Ali selaku Ketua Kwartir Ranting Kartasura turut hadir menjadi pembina apel pelepasan PPTA X yang diadakan di lapangan SMA IT Nur Hidayah. "Gunakan waktu di sekolah ini bagi dunia yang menuju pada dunia yang menentukan masa


depan" pesan Kak Ali yang disampaikan pada saat apel pelepasan.

Kegiatan pertama yang dilaksanakan di Watu Gambir Park adalah upacara pembukaan PPTA X yang dihadiri oleh Kamabigus SMA IT Nur Hidayah yaitu Muhammad Ihsan Fauzi S.Si.M.M. yang menjadi pembina upacara sekaligus membuka kegiatan PPTA X secara simbolis. Upacara pembukaan diawali dengan Pedang Dharma Laksana dan dilanjutkan dengan sandi ambalan. “Setelah adik menjadi tamu di ambalan, maka kami akan menerima dengan penuh cinta sebagaimana muhajirin diterima oleh para anshar, dipilihkan tempat terindah, disiapkan acara terbaik, sehingga adik2 bisa mendapat hikmah yang banyak dan terutama bekal di kelas X adalah faham dan ikhlas.” Amanat yang disampaikan oleh Kamabigus pada kesempatan kali ini. Kegiatan upacara pembukaan ditutup dengan penampilan variasi PBB dan semaphore dance oleh Kostrada (Komando Satuan Pramuka Nur Hidayah) dan juga menikmati bersama makan makanan adat.

“Kegiatan hari kedua lebih ditekankan untuk latihan fisik, diadakan kegiatan outbond dan PBB yang sangat seru, peserta PPTA X mengikuti kegiatannya dengan sangat gembira”. Jelas Nabilah Salma.


Selama tiga hari, peserta mengikuti berbagai aktivitas seperti materi pengenalan Dewan Ambalan, outbond, pentas seni, materi kepramukaan, materi pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT), memasak, dan pelatihan PBB yang dipandu langsung oleh Koramil Karangpandan. Salah satu kegiatan yang selalu dinantikan seluruh peserta yaitu outbond karena terdapat beberapa permainan yang disajikan meliputi balon kolong, tebak kata, tebak gambar, voli, dan susur sungai. Kegiatan ini menumbuhkan semangat persaingan sehat dan memperkuat solidaritas antar peserta. Kegiatan PPTA X ditutup dengan upacara penutupan sekaligus penerimaan tamu ambalan yang ditandai dengan prosesi pemakaian ring penegak kepada salah satu perwakilan peserta sebagai simbolisasi telah diterimanya peserta PPTA X sebagai anggota ambalan SMA IT Nur Hidayah.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.