News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Peningkatan Pemahaman Masyarakat tentang Perbaikan dan Pemeliharaan Jalan Lingkungan di Desa Jaten, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar

Peningkatan Pemahaman Masyarakat tentang Perbaikan dan Pemeliharaan Jalan Lingkungan di Desa Jaten, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar

 

Peningkatan Pemahaman Masyarakat tentang Perbaikan dan Pemeliharaan Jalan Lingkungan di Desa Jaten, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar



ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (www.Alexainfoterkini.com. ft : Istimewa)

Karanganyar - Grup riset Roadmate, kelompok dosen peneliti ilmu dan teknologi perkerasan jalan raya dari Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret (UNS), kembali mengadakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat, hari Sabtu, 13 Juli 2024, bertempat di RT 05 RW 03 Kelurahan Jaten, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar. 

Kegiatan ini dilakukan dengan sosialisasi peningkatan pemahaman masyarakat tentang perbaikan dan pemeliharaan jalan lingkungan. Pemeliharaan jalan merupakan kegiatan yang berkaitan dengan perawatan dan perbaikan jalan yang diperlukan dan direncanakan untuk mempertahankan kondisi jalan agar tetap berfungsi secara optimal melayani lalu lintas selama umur rencana jalan yang ditetapkan. Pekerjaan pemeliharaan konstruksi jalan merupakan pekerjaan yang penting untuk dilaksanakan karena konstruksi jalan merupakan investasi modal yang besar sehingga apabila pelaksanaaannya diabaikan akan membutuhkan biaya rekonstruksi yang sangat mahal untuk bisa mempertahankan perbaikan ke standar kondisi yang layak. Jalan di lingkungan Desa Jaten terdiri dari berbagai jenis dalam segi struktur perkerasannya, yaitu aspal, beton/plesteran dan jalan paving. Kegiatan pembangunan untuk jalan sering dilakukan dengan berbagai sumber dana (pemerintah, CSR maupun swadaya). Namun pemeliharaannya sering diabaikan atau tidak dilakukan rutin, padahal kegiatan pemeliharaan termasuk ke dalam rangkaian suatu pembangunan yang bertujuan menjaga bangunan supaya dapat dimanfaatkan sesuai dengan umur layan/rencana. Biasanya perbaikan terhadap jalan lingkungan hanya dilakukan secara swadaya masyarakat dan dengan ilmu pengetahuan seadanya. Jadi dengan kondisi ini perlu adanya peningkatan pemahaman masyarakat terkait perbaikan serta pemeliharaan jalan lingkungan. Oleh karena itu, peranan perguruan tinggi melalui dharma ketiga yaitu pengabdian masyarakat dalam bentuk memberikan layanan penyuluhan/sosialisasi terkait pemeliharaan jalan lingkungan sehingga dengan hal ini upaya dalam menjaga konstruksi dan fungsi jalan lingkungan di Desa Jaten dapat berlangsung sesuai umur rencana/desain. Selain itu masyarakat juga mendapatkan edukasi yang akan menambah pemahaman, pengetahuan dan kesadaran terhadap pemeliharaan aset/infrastruktur yang ada, salah satunya jalan raya.


Kegiatan ini dihadiri oleh warga RT 005 RW 003, Perumahan Griya Adi I, Bulu, Jaten, Karanganyar. Menurut Ketua RT, Bapak Ismail Yahya, bahwa kegiatan ini dirasakan sangat penting bagi warga karena menambah pengetahuan mereka tentang pemeliharaan dan perbaikan jalan. Terlebih pada bulan September tahun 2024 ini, direncanakan akan ada pengaspalan jalan di lingkungan perumahan. 

Untuk mengukur sejauhmana pemahaman warga terkait pemeliharaan dan perbaikan jalan, tim pengabdian memberikan pre-test dan post-test. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman masyarakat tentang perbaikan dan pemeliharaan jalan lingkungan. 


Kegiatan pengabdian ini diketuai oleh Dr. Ir. Fajar S. Handayani, ST., MT. Tim Roadmate yang hadir pada acara ini sebanyak 5 orang dosen. Tim memulai kegiatan dengan presentasi yang di sampaikan oleh  Ir. Ary Setyawan, MSc., Ph.D, dan kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.