News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Optimalisai Manfaat Limbah Cair Keju Hasilkan Produk Yoghurt Whey

Optimalisai Manfaat Limbah Cair Keju Hasilkan Produk Yoghurt Whey

 Optimalisai Manfaat Limbah Cair Keju Hasilkan Produk Yoghurt Whey

 


 Dituliskan kembali oleh Eko Prasetyo (www.Alexainfoterkini.com. Ft.istimewa)

SOLO – Solikah Ana Estikomah, mahasiswa sekolah pascasarjana Univeersitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil mempertahankan disertasi didepan ujian Doktor program Studi Ilmu Lingkungan yang dipimpin Prof Drs. Sutarno, M.Sc, PhD di gedung Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, Solo, Selasa (30/7). Diantara  penguji adalah Prof,Dr. Drs. Pranoto, M.Sc, Kepala Program Studi S3 Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. 


Solikah mengatakan berdasarkan studi metagenomik dalam limbah cair Industri keju berhasil mendeteksi genus bakteri dominan. Genus dominan limbah cair industri keju yang ada di Provinsi Yoyakarta  yaitu Lactobacillus dan Acetobacter. Lactobacillus merupakan strain bacteri asam laktat penting menjajikan profil probiotik dan biotiknologi yang potensial.Acetobacter, genius paling dominan kedua, dapat mengoksidasi etanol menghasilkan asam asetat, bau busuk menyengat yang menyebabkan pencemaran lingkungan. Keberadaan bakteri Acetobacter pada limbah cair keju berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku berbagai jenis cuka. "kehadiran Lactobacillus dan Acetobacter menunjukkan bahwa air limbah whcydapat diolah kembsli untuk menghasilkan minuman fermentasi. Dengan adanya pengolahan limbah cair keju mampu meningkatkan nilai air limbah keju dan meminimal dampak pencemaran lingkungan,"ungkapnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan optimalisasi pemanfaatan limbah cair (whcy) keju dalam menghasilkan produk berupa yoghurt whcy dan kosmetik dilakukan dengan bioconversi pengolahan limbah cair yang dihasilkan oleh indutri keju melalui proses fermentasi menolah limbah cair keju menghasilkan produk yogurt yang berasal  dari limbah cair keju. "Yogurt yang memiliki daya  simpan pendek dijadikan bahan produk kosmetik sabun padat yogurt limbah cair keju dengan tujuan tercipta zero waste dalam industri keju," ujarnya.



Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.