News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

KRI 2024 di UMS Berlangsung Meriah! Ketua Dewan Juri Ungkap Venue Tahun Ini Memiliki Standar Tinggi

KRI 2024 di UMS Berlangsung Meriah! Ketua Dewan Juri Ungkap Venue Tahun Ini Memiliki Standar Tinggi

 KRI 2024 di UMS Berlangsung Meriah! Ketua Dewan Juri Ungkap Venue Tahun Ini Memiliki Standar Tinggi


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (www.Alexainfoterkini.com. ft : Istimewa)

SOLO - Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 tingkat nasional resmi dibuka, Rabu (3/7) dan berlangsung meriah. Ribuan peserta dan supporter dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia diterima di Gedung Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Penyelenggaraan kontes robot bergengsi ini mendapatkan apresiasi dari Ketua Dewan Juri Prof. Dr. Eng. Drs. Benyamin Kusumoputro, M.Eng., yang telah berulang kali datang ke Edutorium UMS untuk monitoring pelaksanaan lomba.

"Tahun ini kita memang beruntung karena UMS itu menawarkan diri menjadi tuan rumah. Kita sebenarnya memang mengalami kesulitan untuk bisa mendapatkan sebuah venue yang bisa menampung 7 divisi," ungkap Benyamin.

Pada tahun 2003, pelaksanaan KRI hanya dilakukan untuk satu divisi, kemudian berkembang hingga tujuh divisi. Peningkatan tingkat kesulitan ini disesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada seperti dengan memanfaatkan Artificial Intelligence (AI).

Ketua Dewan Juri KRI 2024 itu juga menegaskan jika pelaksanaan KRI 2024 berlangsung dengan meriah.


"Pelaksanaan di UMS ini mungkin yang paling meriah. Tapi tadi sempat dengar 'wah ini justru menyulitkan untuk yang berikutnya' karena standarnya sudah tinggi. Hampir tidak ada kampus yang punya fasilitas untuk 7 divisi ini, mungkin yang berbasis pendidikan," terangnya.

Selain fasilitas, juga melihat dari kemampuan untuk mendanai penyelenggaraan. Harapan Benyamin, pada tahun depan akan ada venue yang memadai lagi.

Pelaksanaan perlombaan ini tidak secara keseluruhan berlangsung offline, tetapi juga online yang memerlukan koneksi internet dan listrik yang stabil.

"Saya kagum karena terus terang UMS tadi dikatakan tidak mudah untuk menyelenggarakan pertandingan secara online karena cheating itu tidak bisa terdeteksi," paparnya.


Guru Besar Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia itu juga menyampaikan jika UMS ternyata sudah termasuk kampus elit. Ketika membahas Kontes Robot ABU Internasional, menurutnya UMS sangat qualified dan recommended dilihat dari venue dan kota pelaksanaan, Solo.


Untuk menyelenggarakan KRI 2024 dengan meriah ini, Ketua Pelaksana Ir. Rois Fatoni, S.T., M.Sc., Ph.D. dengan melibatkan sekitar 216 dosen dan tenaga kependidikan serta 485 mahasiswa dari berbagai fakultas untuk menjadi Liaison Officer (LO). Selain itu, UMS juga bekerja sama dengan Pondok Pesantren Assalam untuk penyelenggaraan divisi Kontes Robot Bawah Air Indonesia. (Maysali/Humas)

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.