News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kolam Renang Pesantren Assalaam Jadi Venue Kontes Robot Indonesia 2024

Kolam Renang Pesantren Assalaam Jadi Venue Kontes Robot Indonesia 2024

 Kolam Renang Pesantren Assalaam Jadi Venue Kontes Robot Indonesia 2024


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (www..alexainfoterkini.com. ft : Istimewa)

SURAKARTA - Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) Kemendikbud RI di mana Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi tuan rumah ajang bergengsi untuk para mahasiswa Indonesia di bidang rekayasa Robotika. Terdapat 7 divisi dalam KRI 2024, salah satunya adalah KRBAI (Kontes Robot Bawah Air Indonesia) 2024. Proses perlombaan ini berlangsung pada Kamis dan Jumat, 4-5 Juli 2024.


Dalam kesempatan tersebut, Kepala Humas PPMI Assalaam, Devi Hidayah Fajar, M.E.Syar., mengungkapkan divisi KRBAI 2024 dilaksanakan di Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam, di mana pada tahun sebelumnya dilaksanakan di Semarang. Pemilihan PPMI Assalaam sebagai Venue KRBAI 2024 ini dikarenakan lolam renang yang dimiliki PPMI Assalaam mampu mewadahi mulai dari proses latihan hingga perlombaan.   

“Dalam kolam renang Assalaam terdapat 3 kolam dengan spesifikasi 1 kolam renang pemanasan (18mx6m) dengan kedalaman 1 meter, kolam renang anak-anak (14mx6m) dengan kedalaman 0.8m. Sementara itu, kolam renang utama dengan standar semi olympic yang terdiri dari 5 lintasan dengan panjang 50m dan lebar 12.5 m. Untuk kedalaman bervariasi mulai 1.3, di sisi utara sampai 2m, di sisi selatan,” paparnya Jumat, (5/7). 


Selain itu, setting kolam renang Assalaam yang indoor lebih memudahkan peserta lomba mengingat mengurangi hambatan lingkungan seperti hujan dan sinar matahari. Di sisi lain, kolam renang Assalaam juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya seperti 21 bilik ruang bilas, 9 toilet, tribun di sisi timur kolam semi olympic, ruang rapat, serta ruang staff, dll yang memudahkan panitia dan peserta dalam ajang KRI 2024 ini. 


“Saya sangat senang Assalaam bisa turut berpartisipasi dalam event ini, dari sini lah embrio kemajuan bangsa,” harap Hj. Siti Aminah Abdullah Ketua Dewan Pembina Yayasan Pengajian Islam (YMPI) Surakarta, Yayasan yang menaungi PPMI Assalaam. 


PPMI Assalaam menyambut baik kerja sama dengan UMS dan menjadikan ini sebagai motivasi agar santri-santri Assalaam juga terinspirasi dan mengikuti jejak dalam bidang rekayasa robotika. 


Dalam KRBAI 2024 ini diikuti oleh 18 tim dari berbagai universitas di Indonesia  seperti Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Indonesia (UI), Unhas,Universitas Gadjah Mada (UGM), Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Negeri Batam, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, dll. (Halimatus/Fika/Humas)

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.