News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kemenkes RI Ajak Talenta Muda UNS Ikut Serta dalam Transformasi Kesehatan Indonesia

Kemenkes RI Ajak Talenta Muda UNS Ikut Serta dalam Transformasi Kesehatan Indonesia

 

Kemenkes RI Ajak Talenta Muda UNS Ikut Serta dalam Transformasi Kesehatan Indonesia



ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (www.Alexainfoterkini.com. ft : Istimewa)

SOLO – Ratusan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menghadiri Kemenkes Goes to Campus. Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS dipadati hampir lima ratus peserta selama berlangsungnya kegiatan pada Jumat (12/7/2024). Acara ini membagikan kisah inspiratif narasumber Kemenkes hingga informasi seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) kepada para peserta.

Kemenkes Goes to Campus membawa misi bertajuk “Kemenkes Memanggil Talenta”. Kemenkes RI terjun langsung ke berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia, salah satunya adalah UNS. Kehadiran Kemenkes RI di UNS bertujuan mengajak para lulusan untuk menjadi bagian dan berkolaborasi dalam proses transformasi kesehatan Indonesia.

Jajaran Pimpinan UNS dan Kemenkes RI turut hadir dalam Kemenkes Goes to Campus kali ini. Para tamu undangan yang hadir dari pihak UNS yakni Plt. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. serta Pimpinan Fakultas di UNS. Sedangkan tamu undangan yang hadir dari Kemenkes RI yaitu Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Maria Endang Sumiwi beserta jajaran pimpinan dari Kemenkes RI baik kantor pusat maupun kantor vertikal di sekitar Surakarta.

Prof. Yunus dalam sambutannya menyambut baik dan gembira atas hadirnya Kemenkes RI di UNS. UNS memiliki potensi mahasiswa yang besar. Hal tersebut sejalan dengan jumlah mahasiswanya yang hampir mencapai 50.000 orang. Beliau menilai acara ini sebagai bentuk link and match antara perguruan tinggi dengan institusi pemerintahan dalam hal penyerapan tenaga kerja.

“Ini sangat baik sekali. Ada link and match antara perguruan tinggi dengan pemerintah sehingga alumni dari UNS itu bisa terserap di bidangnya masing-masing,” ujar Prof. Yunus.


Pernyataan Prof. Yunus turut didukung dengan apa yang disampaikan oleh Dirjen Kesehatan Masyarakat. Maria Endang meyakinkan talenta muda UNS bahwa peluang berkarier di Kemenkes RI tidak hanya terbuka bagi lulusan dengan latar belakang kesehatan. Berbagai bidang ilmu dipastikan bisa bergabung sesuai dengan formasi yang tersedia.

Kemenkes membutuhkan kemampuan manajerial, teknologi expert, komunikasi dan informasi, keahlian ekonomi, hukum serta keahlian sosial dalam pengelolaan kesehatan yang berkualitas,” tutur Maria Endang.

Ajakan bagi talenta muda UNS sejalan dengan segera dibukanya seleksi CPNS Kemenkes RI 2024. Sebanyak 8.607 lowongan dibuka dalam seleksi CPNS Kemenkes 2024. Jumlah itu akan terdiri dari 6.873 CPNS tenaga kesehatan dan 1.770 CPNS Teknis. Lowongan tersebar pada 55 unit kerja yang berada di kantor pusat dan 163 unit kerja UPT.

Talenta-talenta muda Kemenkes RI turut dihadirkan sebagai narasumber untuk berbagi kisah inspiratif kepada para peserta. Mereka adalah dr. Yutika Adnindya, Roy Berridge, S.E., M.K.M., dan Risti Paramita Widasena. Menariknya, Risti merupakan Alumnus D-3 Desain Komunikasi Visual (DKV) UNS. Ia kini meniti karier di Kemenkes RI sebagai pranata humas. Turut hadir alumni UNS lain yang berkarier di Kemenkes RI, yakni dr. Etik Retno Wiyati selaku Sekretaris Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan; dr. Triya Novita Dinihari selaku surveilans kesehatan; serta dr. Lucia Maya Savitri.

Para peserta turut berkesempatan mengajukan pertanyaan seputar karier di Kemenkes RI. Antusiasme terlihat karena rangkaian acara dalam Kemenkes Goes to Campus disusun dengan menarik. Bahkan, terdapat senam yang dilakukan di sela-sela acara. Foto bersama dan penyerahan cendera mata menjadi tanda berakhirnya acara ini.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.