News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

FKIP UNS Jadi Tuan Rumah Rapat Kerja Pengelolaan PPG 2024 Forkom Bidang 2 FKIP Negeri se-Indonesia

FKIP UNS Jadi Tuan Rumah Rapat Kerja Pengelolaan PPG 2024 Forkom Bidang 2 FKIP Negeri se-Indonesia

 FKIP UNS Jadi Tuan Rumah Rapat Kerja Pengelolaan PPG 2024 Forkom Bidang 2 FKIP Negeri se-Indonesia


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (www.Alexainfoterkini.com. ft: Istimewa

SOLO – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi tuan rumah pegelaran kegiatan Rapat Kerja (Raker) Pengelolaan PPG 2024 Forum Komunikasi (Forkom) Bidang 2 FKIP Negeri se-Indonesia. Kegiatan tersebut digelar pada Jumat hingga Minggu (12-14/7/2024) di Novotel Hotel Solo.

Dalam laporannya, Dr. Dewi Kusuma Wardani, M.Si. yang merupakan Ketua Panitia Raker Forkom Bidang 2 Tahun 2024 sekaligus Wakil Dekan Bidang SDM, Keuangan dan Logistik FKIP mengungkapkan bahwa kegiatan ini mendapatkan partisipasi yang luar biasa dari anggota Forkom.


“Kegiatan ini dihadiri oleh 63 peserta dari 25 perguruan tinggi atau 73.5% dari jumlah anggota Forkom FKIP Negeri se-Indonesia yang terdiri dari Dekan, Wakil Dekan Bidang 2, Koordinator PPG, dan Tim PPG. Partisipasi yang luar biasa ini mencerminkan komitmen yang tinggi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia,” ungkap Dr. Dewi.

Ketua Forkom FKIP Negeri se-Indonesia, Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd., M.Sc., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi wadah untuk mendiskusikan pelaksanaan amanah yang diberikan oleh kementerian.

“Rapat kerja Forkom diharapkan menjadi wadah diskusi untuk berbagi pengalaman agar amanah yang diberikan kepada FKIP dari kementerian berjalan dengan baik. Apabila pelaksanaan amanah berjalan dengan baik, maka akan tumbuh kepercayaan untuk menjalankan amanah selanjutnya demi kemajuan pendidikan di Indonesia,” ungkap Prof. Rusdi.

Ada 4 topik pembahasan yang didiskusikan dalam Raker Forkom Bidang 2 FKIP Negeri Tahun 2024. Keempat topik tersebut didiskusikan bersama 5 narasumber terkait dan dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada Jumat (12/7/2024) malam. Terdapat 2 narasumber yang dihadirkan. 

Narasumber pertama adalah Prof. Dr. Mardiyana, M.Si. Ia merupakan Dekan FKIP UNS. Ia memaparkan materi topik 1 mengenai Strategi Penganggaran untuk Capaian IKU dan Akreditasi Internasional. Narasumber kedua adalah Dr. A.G. Tamrin, M.Pd., M.Si. Ia merupakan Ketua Forkom PPG se-Indonesia. Ia memaparkan materi topik 2 mengenai Penjaminan Mutu PPG. 

Sementara itu, sesi kedua dilaksanakan pada Sabtu (13/7/2024). Pada sesi ini, terdapat 3 narasumber yang dihadirkan. Narasumber pertama adalah Ferry Maulana Putra, S.Pd., M.Ed. yang merupakan Plt. Direktur PPG. Narasumber kedua adalah Adhika Ganendra, S.Si., M.M. yang merupakan Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kedua narasumber tersebut memaparkan materi mengenai Pengelolaan PPG Prajab dan Daljab, Tantangan, dan Harapan.

Narasumber terakhir adalah Dido Sujana Perwedha. Ia merupakan Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Pendidikan Profesi Guru. Ia memaparkan materi mengenai Pertanggungjawaban Keuangan PPG. 


Rektor UNS, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H. menyambut baik pelaksanaan Raker Forkom Bidang 2 FKIP di Kota Surakarta. Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan momentum untuk bertukar gagasan dalam upaya pengembangan guru profesional.

“Kegiatan Forkom sebagai momentum bertukar pikiran dalam mengembangkan PPG sehingga menghasilkan guru yang kompeten. Tantangan zaman menuntut kita untuk terus mencetak guru yang berkualitas. Kegiatan ini dapat menjadi penyamaan persepsi dalam implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan sinergi yang baik, harapannya dapat menjadi kerjasama yang baik antar penyelenggara PPG,” ungkap Dr. Chatarina.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.