News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

FK UMS Gelar Penyuluhan Kesehatan tentang Teknik Mindfulness untuk Kurangi Stres dan Depresi di TK Aisyah Kartasura

FK UMS Gelar Penyuluhan Kesehatan tentang Teknik Mindfulness untuk Kurangi Stres dan Depresi di TK Aisyah Kartasura

FK UMS Gelar Penyuluhan Kesehatan tentang Teknik Mindfulness untuk Kurangi Stres dan Depresi di TK Aisyah Kartasura


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (www.Alexainfoterkini.com. Ft; Istimewa)

Kartasura- Pandemi COVID-19 yang terjadi beberapa tahun yang lalu telah menyisakan berbagai dampak diantaranya pada bidang Kesehatan termasuk diantaranya dampak pada bidang Kesehatan mental. Wilayah perkotaan seperti daerah Kartasura juga memiliki kerentanan akan dampaknya pada Kesehatan mental. Untuk mengantisipasi berkembangnya gangguan pada kesehatan mental terutama stres dan depresi, tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta mengadakan penyuluhan kesehatan bertajuk “Pelatihan teknik mindfullness untuk mengurangi stres dan depresi di TK Aisyah Kartasura.” Acara ini diikuti oleh guru dan wali murid di Balai Muhammadiyah TK Aisyah Bustanul Athfal Gonilan, Kartasura pada hari Sabtu (25/05).

Acara penyuluhan kesehatan ini merupakan program pengabdian masyarakat PKM P2AD UMS yang dihadiri oleh enam dosen Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah sekaligus sebagai narasumber diantaranya: dr. N Juni Triastuti, M.Med.Ed, dr. Erna Herawati, SpKJ, dr. Sri Wahyu B, M.Kes, dr. Nurhayani, MSc., dr. Retno Sintowati, MSc., dan dr Tri Agustina, MSc. Selain itu beberapa mahasiswa kedokteran juga ikut terlibat membantu dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini.

Pada kegiatan penyuluhan kesehatan ini juga dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis seperti pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, gula darah ataupun asam urat bagi yang menghendaki. Selain itu kegiatan penyuluhan kesehatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan stres dan depresi serta melakukan penanganan ataupun pengobatan serta cara-cara teknik mindfulness untuk mengurangi gejala stres dan depresi. 

Dari data pretes dan postes yang diberikan kepada peserta penyuluhan, menunjukkan peningkatan tingkat pengetahuan peserta penyuluhan kesehatan sebelum dan setelah penyuluhan dimana hal ini menunjukkan bahwa peserta penyuluhan mendapatkan kemanfaatan yang tinggi berkaitan dengan pengetahuan dari penyuluhan yang diberikan.


“Semoga dengan adanya kegiatan penyuluhan tentang pencegahan dan penatalaksanaan stres dan depresi dengan menggunakan teknik mindfulness ini dapat mendorong masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan mental dan melakukan upaya pencegahan gangguan kesehatan mental seperti stres dan depresi,” ujar salah satu dosen.

Semoga kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat dan dapat meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.