News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Diskusi Panel “Optimalisasi Dana Desa untuk Peningkatan Kualitas SDM Melalui Aksesibilitas Perpustakaan Desa Dalam Rangka Peningkatan Indeks Desa Membangun (IDM)”

Diskusi Panel “Optimalisasi Dana Desa untuk Peningkatan Kualitas SDM Melalui Aksesibilitas Perpustakaan Desa Dalam Rangka Peningkatan Indeks Desa Membangun (IDM)”

 Diskusi Panel “Optimalisasi Dana Desa untuk Peningkatan Kualitas SDM Melalui Aksesibilitas Perpustakaan Desa Dalam Rangka Peningkatan Indeks Desa Membangun (IDM)”


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (www.Alexainfoterkini.com. ft : Istimewa)

Surakarta, 12 Juli 2024 - Pusat Penelitian dan Pengembangan Daerah (LPPM) Universitas Sebelas Maret Surakarta, bekerja sama dengan PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, sukses menyelenggarakan Diskusi Panel bertajuk “Optimalisasi Dana Desa untuk Peningkatan Kualitas SDM Melalui Aksesibilitas Perpustakaan Desa Dalam Rangka Peningkatan Indeks Desa Membangun (IDM)”. Acara ini berlangsung pada Jum’at, 12 Juli 2024, dari pukul 08.30 WIB hingga 11.30 WIB, yang dilaksanakan di Tiga Serangkai Smart Office, Surakarta. Diskusi panel ini dihadiri oleh perangkat desa serta oleh dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (Dispermades) di wilayah Solo Raya.


Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber utama yaitu Prof. Dr. Widodo Muktiyo, S.E., M.Com. Staf Khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan materi tentang "Digitalisasi Perpustakaan Desa Sebagai Pusat Informasi Publik Kepada Masyarakat" serta Dr. Ivanovich Agusta, S.P., M.Si. Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasiyang membahas tentang "Optimalisasi Dana Desa untuk Peningkatan Kualitas SDM Melalui Aksesibilitas Perpustakaan Desa".


Kedua narasumber menekankan pentingnya peran perpustakaan desa berbasis digital dalam meningkatkan Indeks Desa Membangun (IDM), menunjukkan bahwa pembangunan desa tidak hanya berkutat pada infrastruktur fisik tetapi juga pada pengembangan sumber daya manusia. Acara ini juga mengundang Ibu Sri Hartatik, S.H., Kepala Perpustakaan Desa Puro, yang membagikan praktik baik dari Desa Puro yang berhasil mengembangkan perpustakaan desa dan meraih berbagai penghargaan nasional.


Dalam sambutannya, Dr. Muhammad Hendri Nuryadi, S.Pd., M.Pd., Ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan Daerah (Puslitdesbangda) LPPM UNS, dan Ibu Hj. Eny Rahma Zaenah, S.E., M.M., CEO PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, menekankan pentingnya kolaborasi antara universitas, industri, dan pemerintah desa dalam mewujudkan pengembangan desa secara holistik. Mereka berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam memajukan generasi bangsa melalui peningkatan literasi di desa, yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa.  Acara di buka oleh sekretaris LPPM UNS Dr. Dimas Rahadian Aji Muhammad S.T.P., M.Sc. Dr. Rita Noviani, S.Si., M.Sc. selaku ketua panitia berharap melalui diskusi panel ini dapat menjadi langkah awal pembangunan desa menuju desa-desa mandiri di wilayah Solo Raya, tidak hanya dalam aspek infrastruktur tetapi juga dalam kualitas SDM melalui optimalisasi dana desa.


Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.