News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Belajar Praktik Demokrasi Melalui Pilkalas

Belajar Praktik Demokrasi Melalui Pilkalas

 Belajar Praktik Demokrasi Melalui Pilkalas


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (www.Alexainfoterkini.com. foto : Istimewa) 

SOLO - Belajar nilai-nilai demokrasi lebih efektif dan menyenangkan dengan mempraktikkannya. Seperti yang dilakukan 54 murid kelas V SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo, mereka melaksanakan Pemilihan Ketua Kelas (Pilkalas) layaknya pemilihan presiden (pilpres).

Pilkalas tersebut merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Masa Pengenalan Kelas Baru (MPKB) yang digelar di SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo, Jl. Dr. Muwardi No. 24, Purwosari, Laweyan, Kota Solo, Kamis (25/7/2024).

Koordinator guru kelas V, Arsyadana, menyampaikan bahwa kegiatan pilkalas terbagi menjadi tiga tahapan. Pertama, anggota kelas memilih lima murid sebagai calon formatur. Lima murid dengan suara terbanyak akan dipilih menjadi kandidat pengurus kelas. 


Kedua, lima calon formatur akan dipilih kembali dan dikerucutkan menjadi tiga formatur melalui sistem e-voting. Murid memilih formatur melalui perangkat laptop. Setelah selesai pemilihan, mereka mencelupkan jari ke dalam tinta sebagai bukti sudah menggunakan hak pilih. Melalui e-voting hasil pemilihan bisa diketahui secara real time.

Ketiga, tiga formatur dengan perolehan suara terbanyak bermusyawarah menentukan ketua, sekretaris, bendahara, serta anggota pengurus lainnya.

"Kami sengaja menggunakan sistem pemilihan formatur karena bisa menjadi contoh konkret sistem suara terbanyak atau voting sekaligus sistem musyawarah mufakat. Dan yang menarik, belum tentu yang memperoleh suara terbanyak akan menjadi ketua kelas," ungkap Arsyadana.

Salah satu murid kelas V, Sultan Nadir  Abqoriy, merasa senang mendapatkan pengalaman baru dalam memilih pengurus kelas. 

"Saat pemilihan pengurus kelas, biasanya saya menulis nama calon di kertas. Setelah itu, akan dihitung hasilnya untuk mengetahui siapa yang terpilih. Namun, kali ini saya dan teman-teman melaksanakan pemilihan melalui e-voting. Hasilnya langsung bisa diketahui siapa yang terpilih," ujarnya.


Hasil Pilkalas

Hasil perolehan suara secara real time kelas VA, Almira Berliano (84,6%), Naila Azka Zafina (61,5%), Bill Zicoqu Seano El Shaka (61,5%). Berdasarkan musyawarah formatur, Almira Berliano ditetapkan sebagai ketua kelas, Naila Azka Zafina sebagai sekretaris, dan Bill Zicoqu Seano El Shaka sebagai bendahara. 

Hasil untuk kelas VB, Cattleya Aysha Ailaniarka  (85,2%), Gerrard Prajnadhira Agung (70,4%), Clemira Adzra Qhaira Hartanto(51,9%). Musyawarah formatur menetapkan Gerrard Prajnadhira Agung sebagai ketua, Clemira Adzra Qhaira Hartanto sebagai sekretaris, dan Cattleya Aysha Ailaniarka sebagai bendahara. (Kontributor: Muhamad Arifin)

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.