News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Selamat! 6 Mahasiswa Asing UMS Melaju ke Babak Final Festival Handai Indonesia 2024

Selamat! 6 Mahasiswa Asing UMS Melaju ke Babak Final Festival Handai Indonesia 2024

 Selamat! 6 Mahasiswa Asing UMS Melaju ke Babak Final Festival Handai Indonesia 2024


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.Com)

SOLO - Enam mahasiswa asing Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil lolos pada Festival Handai Indonesia (FHI) 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa. 


Festival Handai Indonesia merupakan sarana unjuk kemahiran dan kreativitas warga negara asing dalam bertutur dan menulis kreatif dengan menggunakan bahasa Indonesia. Terdapat 7 jenis lomba yang dapat diikuti oleh peserta, yaitu Bersurat, Berpidato, Bercerita, Bernyanyi, Berpuisi, Berpantun, dan Membawakan Reportase.

Ketua Lembaga Bahasa dan Ilmu Pengetahuan Umum (LBIPU) Dr. Dwi Haryanti, M.Hum., menerangkan bahwa sebanyak enam dari 17  mahasiswa kelas Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) melaju ke final Festival Handai 2024. 

Mereka adalah Afissan Bin-etae (Thailand) Berpantun, Miss Nuro Sabuela (Thailand) Membawa Reportase, Mitantsoa Anjara Saotra Fenofitiavana (Madagaskar) Bernyanyi, Hafiza Sana Mansoor (Pakistan) Bersurat, Khanngeun Vongsawath (Laos) Bersurat, dan Uwase Shakilla (Rwanda) Bersurat.


"Sebelum lomba ada pengarahan dan tetap sesuai dengan bakat mahasiswa masing-masing. Semua mahasiswa dihimbau mengikuti lomba sehingga semua jenis lomba yang ada diikuti oleh mahasiswa dari kelas BIPA UMS," ujar Dwi, Minggu (16/6).

Ketua LBIPU UMS itu juga menyampaikan, mahasiswa BIPA dalam menghadapi lomba didampingi, diarahkan dan dilatih oleh dua dosen khusus, yaitu Sri Rejeki, M.Pd., dan Dr. Laili Etika Rahmawati, M.Pd.

“Kami berharap keenam mahasiswanya dapat menang saat final nanti di Bali,” tambahnya. 

Mitantsoa Anjara Saotra Fenofitiavana atau yang akrab disapa dengan Fitia pada saat seleksi, dia membawakan lagu Tanah Airku dan Sepanjang Jalan Kenangan.

"Saya sangat bersemangat dengan event ini karena saya ingin pergi ke Bali setelah sekian lama. Juga karena saya ingin menunjukkan kebolehan negara asal saya dan UMS melalui kemampuan saya. Saya juga akan bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia saya karena saya harus berkomunikasi dengan banyak orang di sana," ungkap Mahasiswi asal Madagaskar itu.

Dia berharap, kegiatan tersebut akan berjalan dengan lancar dan akan membawakan kemenangan serta menambah teman-teman baru.


Final Festival Handai Indonesia 2024 akan digelar di Bali 25-31 Agustus 2024, dengan biaya akomodasi sepenuhnya ditanggung oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa. Peserta Terbaik I, II, dan III dari masing-masing jenis lomba juga akan menerima penghargaan berupa dana, piagam, dan souvenir. (Maysali/Humas)

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.