News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

OPINI ; Mengatasi Kesulitan Tidur dengan Metode ASMR

OPINI ; Mengatasi Kesulitan Tidur dengan Metode ASMR

OPINI ; Mengatasi Kesulitan Tidur dengan Metode ASMR

oleh : Farelysa Zulfa Fadhila

Grobogan, 7 Februari 2005

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret

Kesulitan tidur merupakan keadaan seseorang yang mengalami kesulitan atau bahkan tidak bisa tidur dengan baik. Salah satu cara yang populer untuk mengatasi masalah tidur yaitu dengan mendengarkan ASMR. Berbagai konten ASMR yang diunggah ke sosial media mendapat tanggapan yang positif dari banyak orang.

ASMR atau Autonomos Sensory Meridian Response merujuk pada sensasi geli yang menenangkan sebagai respon dalam meliat melihat visual atau mendengar suara tertentu. Mayoritas merasakan geli dan sensasi menggelitik pada bagian kulit kepala dan bagian tubuh tertentu. 

Pemicu ini dapat berbagai dari berbagai macam antara lain seperti 

Ketukan, jenis pemicu ini banyak digunakan oleh beberapa konten ASMR. Ketukan yang berirama dapat menimbulkan perasaan yang rileks dan sensasi geli. Ketukan dapat menggunakan barang – barang apa saja yang ada disekitar. 

Garukan, suara garukan merupakan salah satu jenis pemicu ASMR yang cukup umum. Suara garukan yang lembut, seperti garukan kuku pada berbagai permukaan seperti plastik, logam, maupun kayu dapat menghasilkan sensasi geli.

Bisikan, suara yang dibisikkan atau diucapkan secara lembut dapat menyebabkan rileks dan menggelitik. Bisikan ini dapat bervariasi, mulai dari yang sangat lembut hingga sedikit lebih jelas. Bisikan sering kali disertai dengan gerakan tangan seperti mengusap kepala pada kamera. 

Suara tangan, suara yang dihasilkan oleh gerakan tangan atau jari-jari untuk menciptakan sensasi yang menyenangkan dan menggelitik. Suara tangan seperti gesekan tangan atau jari dan jentikkan jari tangan. 

Suara alam, suara alami yang dihasilkan seperti dari gemericik air, angin, hutan, atau hujan. Suara-suara ini sering digunakan dalam video ASMR untuk menciptakan lingkungan yang menenangkan dan dapat memicu ketenangan untuk para pendengar atau pelihat. 

Musik instrumental, musik instrumental sering digunakan sebagai latar belakang yang mendukung pemicu ASMR. Berbeda dengan musik biasa yang mungkin memiliki vokal atau irama yang kuat, musik instrumental ASMR cenderung fokus pada melodi yang lembut dan harmoni yang menenangkan. Instrumen seperti piano, biola, gitar, sering digunakan untuk menciptakan suasana yang cocok untuk relaksasi dan meditasi.

Permainan peran (role play), permainan peran ASMR mengacu pada video di mana pembuat konten ASMR berperan sebagai karakter tertentu. Contohnya yaitu seperti peran dokter, peran salon, peran make up artis  dan peran sehari-hari seperti peran teman yang memberikan nasihat atau bercerita. 

Audio atau video ASMR dapat didengarkan melalui youtube, spotify, tiktok, ataupun platform lainnya untuk dapat merasakan sensasi menggelitik dan rileks. Mendengarkan ASMR dapat membantu tidur dalam beberapa cara seperti:

Menjadi lebih relaks, suara bisikan lembut atau suara alam yang tenang, dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Hal ini dapat mempersiapkan pikiran dan tubuh untuk tidur dengan lebih mudah.

Menjadikan suasana hati yang lebih baik, ASMR juga dapat membantu mengurangi kegelisahan dan menciptakan lingkungan yang lebih damai sebelum tidur.

Mengurangi stress, mendengarkan ASMR juga dapat membantu mengurangi stres, membantu tubuh untuk lebih rileks dan siap untuk tidur yang lebih nyenyak.

Namun respons terhadap ASMR bersifat sangat individual. Tidak semua orang dapat merasakan efek yang sama. Beberapa orang mungkin menganggap ASMR sangat membantu dalam tidur mereka, sementara yang lain mungkin tidak merasakan adanya perubahan yang signifikan. 

Jika masih terus mengalami kesulitan tidur sangat disarankan untuk berkonsultasi kepada profesional. Berkonsultasi kepada profesional dapat membantu mengevaluasi masalah tidur secara mendalam dan dapat memberikan saran terkait langkah-langkah yang sesuai untuk mengatasi masalah tidur yang dialami.Tidur malam yang nyenyak dan berkualitas merupakan faktor penting bagi kesehatan tubuh.


Biodata Penulis

Nama : Farelysa Zulfa Fadhila

TTL : Grobogan, 7 Februari 2005

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.